Tips Persiapan Mobil Sebelum Menempuh Perjalanan Jauh

Jasa Mobil Towing 08123220879

Ibarat pepatah “Mencegah lebih baik daripada mengobati” tentu akan sangat menguntungkan. Pepatah ini juga berlaku dalam dunia otomotif, melakukan persiapan-persiapan sebelum menjalani perjalanan jauh tentu akan menghindarkan dari resiko mobil mogok di jalan. Rasa nyaman dan tenang tentu menjadi perioritas utama dalam menempuh perjalanan nanti.

Pembengkakan biaya tak terduga karena mobil mogok dalam perjalanan dan rasa kesal akibat yang ditimbulkannya sudah pasti menjadi bagian resiko yang akan ditanggung jika tidak melukakan persiapan-persiapan dengan baik sebelumnya.

Kenyamanan tentu akan tercapai jika kendaraan dalam kondisi prima, untuk itu perlu dilakukan persiapan-persiapan sebelumnya dan pengecekan untuk memastikan kondisi kendaraan telah benar-benar siap sebelum digunakan. Tips ini bisa dilakukan sendiri dan tanpa harus pergi ke bengkel otomotif. Pemeriksaan persiapan mobil sebelum perjalanan jauh tersebut adalah :

1. Periksa Oli Mesin

Pastikan oli mesin volumenya cukup sesuai dengan konsidi mesin mobil. Cara cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Lihatlah batas oli yang menempel pada stik. Level oli harus berada digaris antara tanda “L” dan “F” dan seharusnya sedikit dibawah garis level “F“, jika kurang tambahkan secukupnya, dan pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli anda masih cukup untuk jarak yang akan anda tempuh.

2. Periksa Air Radiator

Pastikan air radiator dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batas level atau tidak perlu terlalu penuh. Pastikan juga selang radiator dan selang penghubung ke reservoir dalam kondisi baik. Jika menemui selang yang menggelembung atau retak, sebaiknya diganti. Ini untuk menghindari selang pecah ditengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

3. Periksa Filter dan Selang Bensin

Sebaiknya Filter dan selang bensin dikondisikan baik. Pastikan selang bahan bakar tidak mengalami keretakan atau kebocoran, dan filter bensin tidak tersumbat. Kebersihan filter bensin bisa terjaga dengan melakukan servis rutin berkala.

4. Periksa Putaran Kipas Pendingin

Pastikan putaran kipas pendingin berjalan normal oleh belt dan pastikan kondisi fisik belt baik. Bila belt telah retak-retak, maka layak untuk diganti. Cek juga ketegangan tension belt agar putaran kipas dapat optimal. Bila kipas diputar oleh motor listrik, maka kondisikan motor listrik juga dalam keadaan masih baik serta layak.

5. Periksa Timing Belt

Perhatikan Timing Belt, penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer di spedometer mobil. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 Km, segera ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan karena pabrik merekomendasi pemakaian lebih lama.

6. Periksa Air Filter

Air filter atau saringan udara perlu dibersihkan sebelum menempuh perjalanan jauh. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 km.

7. Periksa Accu

Periksa kondisi baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa juga level air aki, jika kurang tambahkan dengan air aki murni.

8. Periksa Ban

Cek kondisi ban, apakah masih layak untuk menempuh perjalanan jauh dan pastikan tidak ada benda tajam yang dapat merusak ban. Periksa juga tapak ban apakah ada yang terparut dan periksa juga tekanan angin ban. Tekanan ban yang normal sekitar 30 — 34 psi.

9. Periksa Rem

Periksa level minyak rem di reservoir, jika kurang dari batas level minimal maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang, master rem, dan periksa apakah ada basah dibagian dalam velg sebagai tanda kebocoran silinder roda. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik.

Baca juga :
Jangan Anggap Enteng Oli, Atau Akan Bernasib Sama Seperti Honda CRV B 1991 DY Ini

Tips di atas jika dilakukan akan menghindarkan resiko mobil mogok dalam perjalanan dan tentu tidak terlalu sulit bukan untuk dilakukan sendiri? Jika masih merasa ragu atau tidak memiliki waktu yang cukup melakukan pemeriksaan dan cek persiapan mobil sendiri, maka sebaiknya bawalah mobil ke bengkel resmi atau bengkel otomotif yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada yang bisa dibantu?
Pesan via WhatsApp